Adsense Menu

Minggu, 11 Desember 2011

a

tak henti-hentinya saya menulis namamu di dalam blog ini. Saya sayang dan cinta sama kamu adek (Yusrini Afnisari Rambe) Read More...
kegiatan hari membawa inspirasi baru buat saya menatap masa depan. Target untuk masa depan saya adalah melanjutkan perjuangan untuk berbakti untuk masyarakat dan melestarikan lingkungan saya yang telah memberikan kehidupan untuk saya. Dan cita-cita saya adalah menjadi wirausaha dibidang peternakan, sosial dan lingkungan. semoga harapan dan do'a saya ini didengar dan menjadi kenyataan amin. "Ketegasan adalah kekejaman untuk kebaikan diri sendiri". Read More...

Kamis, 08 Desember 2011

kewirausahaan

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kebutuhan makanan yang semakin meningkat di kalangan masyarakat dewasa ini menjadi acuan bagi para wirausahawan dalam bidang pangan untuk semakin berkreasi dengan menciptakan makanan dengan variasi yang berbeda-beda. Penyajian makanan yang praktis, dengan tingkat harga yang ekonomis dan memiliki nilai gizi yang baik pada suatu makanan adalah permintaan utama yang banyak dicari oleh para konsumen.
Semua orang pasti sudah akrab dengan keju, keju merupakan makanan yang terbuat dari olahan susu, seperti yang kita ketahui, kandungan keju yang kaya akan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi namun pada kenyataannya tidak semua orang menyukai keju karena cita rasa kjeu yang terkandung di dalamnya adalah asam. CV. Paradise food mencoba mengenalkan produk CREZZ (creation chess) dengan penyajian berupa stik yang diolah dengan keju pilihan yaitu keju kraft dengan tambahkan bumbu peyedap untuk menetralisirkan rasa sehingga produk CREZZ yang kami hasilkan adlah stik yang renyah, gurih dan lezat. CREZZ kami pasarkan dalam bentuk kemasan agar praktis sehingga dapat diminati oleh semua kalangan, CREZZ memiliki dua rasa yaitu original dan pedas , .selamat menikmati produk kami, semoga produk CREZZ dapat diterima di kalangan masyarakat sehingga menjadi produk yang bermutu tinggi dalam pangsa pasar dunia pangan.
Tujuan
Untuk mempelajari cara berwirausaha
Untuk mempelajari cara pemasaran suatu produk
Unutk mempelajari cara pengelolaan manajemen keuangan
Untuk memperkenalkan bermacam-macam hasil produk ternak

MATERI DAN METODE
Waktu dan Tempat
Pembuatan dan pemasaran stick keju dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu:
Pembuatan stick keju yang pertama dilakukan pada tanggal 21 November 2011 bertempat dilokasi Jl. Dalurung VIII No. 23 Rt. 03 Bantar Jati Bogor. Pembuatan dilakukan oleh 5 orang dan 3 orang untuk berbelanja bahan yang diperlukan. Pemasaran stick keju yang pertama dilakukan di Kampus Gunung Gede IPB pada tanggal 22-24 November 2011. Pemasaran dilakukan oleh 2 orang.
Pembuatan stick keju yang pertama dilakukan pada tanggal 28 November 2011 bertempat dilokasi Jl. Dalurung VIII No. 23 Rt. 03 Bantar Jati Bogor dan SD Negeri 09 Bantar Jati Bogor. Pembuatan dilakukan oleh 5 orang dan 3 orang untuk berbelanja bahan yang diperlukan. Pemasaran stick keju yang pertama dilakukan di Kampus Gunung Gede IPB pada tanggal 29 November 2011 sampai 01 Desember 2011. Pemasaran dilakukan oleh 2 orang.
Metode
Metode Pembuatan
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Buat adonan stick keju
Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, royco, pernipan, lada dan garam
Aduk adonan hingga merata
Siapkan keju yang telah diparut
Panaskan simas margarin pada penggorengan hingga meleleh
Campurkan simas margarin dan adonan stick keju hingga kalis
Pipihkan adonan dengan menggunakan botol lalu potong menjadi potongan stick
Goreng dengan minyak goreng yang telah di panaskan
Kemas dengan plastik ½ kg dan ¼ kg

Metode Pemasaran
CV. Paradise Food mengeluarkan produk dengan merek dagang CREZZ (Creation chess). Alasan kami mengeluarkan produk ini, kami ingin menampilkan olahan baru dari keju yang mempunyai cita rasa yang khas yang berbeda dengan produk olahan keju lainnya tanpa menghilangkan cita rasa keju aslinya. Kami mengemas produk kami dengan plastik ukuran sedang untuk mempermudah pemasaran. Karena target pemasaran kami mahasiswa, siswa sekolah dasar dan masyarakat sekitar lingkungan tempat kami tinggal. Pemasaran dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan dengan menawarkan langsung kepada konsumen yang ingin membeli stick keju dengan harga Rp. 1500,00/ bungkus.

STRUKTUR ORGANISASI
Perusahaan kami yang bernama “CV Paradise food” yang kami dirikan pada tanggal 11 November 2011. Struktur organisasi dari perusahaan kami dapat dilihat dibawah ini:















FINANCIAL COMPONENT
Tabel-tabel dibawah ini menunjukkan aliran uang selama kami menjalan usaha kami :
Bahan Jumlah Harga
Tepung Terigu Segitiga Biru 2 kg 16000
Simas Margarin 2 bungkus 8000
Minyak Goreng 2 kg 22000
Fermifan 1 bungkus 3500
Keju Kref 350 gram 18000
Telur 1/4 kg 3500
Plastik 1 bungkus 6000
Kertas kado 4 lembar 2000
Royco 4 bungkus 1000
Total 80000









Tabel 1 Modal Awal Pembuatan CREZZ

Bahan Jumlah Harga
Tepung Terigu Segitiga Biru 2 kg 16000
Tepung Tapioka 1/4 kg 5500
Simas Margarin 2 bungkus 8000
Minyak Goreng 2 kg 22000
Fermifan 1 bungkus 3500
Keju Kref 350 gram 18000
Cabe giling 3 bungkus 10500
Telur 1/4 kg 3500
Plastik 1 bungkus 6000
Royco 4 bungkus 1000
Total 94000
Tabel 2. Tabel modal kedua pembuatan CREZZ





Tanggal Jumlah Total Harga/bungkus Pendapatan
Pedas Original
21-Nov-11 2 2 Rp1,500 Rp3,000
22-Nov-11 33 15 48 Rp1,500 Rp72,000
23-Nov-11 3 3 Rp1,500 Rp4,500
24-Nov-11 12 12 Rp1,500 Rp18,000
25-Nov-11 7 7 Rp1,500 Rp10,500
26-Nov-11 6 6 Rp1,500 Rp9,000
Jumlah 38 40 78 Rp117,000
Tabel 3. Data penjualan CREZZ minggu pertama

Tanggal Jumlah Total Harga/bungkus Pendapatan
Pedas Pedas Manis
27-Nov-11 4 2 6 Rp1,500 Rp9,000
28-Nov-11 14 25 39 Rp1,500 Rp58,500
29-Nov-11 4 4 Rp1,500 Rp6,000
30-Nov-11 17 14 31 Rp1,500 Rp46,500
Jumlah 35 45 80 Rp120,000
Tabel 4. Data Penjualan CREZZ minggu kedua

ANALISA KELAYAKAN USAHA
Analisis Kelayakan Usaha
Break Even Point (BEP)
BE=(Biaya Tetap)/(1-(Biaya Variabel)/Penjualan)

BE=(Rp 40.000,00)/(1-(Rp 174.000,00)/(Rp 237.000,00))

BE=(Rp 40.000,00)/0,27
BE = Rp 148.148,00
BE = Rp 148.148,00 : Rp 1.500,00
BE = 99 buah
Berdasarkan perhitungan BEP harga dengan menjual CREZZ sebanyak 99 buah dengan harga Rp 1.500/buah maka usaha tidak mengalami keuntungan dan kerugian.

KESIMPULAN
Berdasarkan hasil yang didapatkan, kelompok kami mendapatkan keutungan dari analisa hasil usaha yang telah kami lakukan. Produk yang kami keluarkan diterima dengan baik oleh konsumen. Karena produk kami mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya : modal tidak terlalu besar sehingga produk yang kami keluarkan tidak mahal dan terjangkau oleh konsumen, rasa gurih, dan kami menyediakan produk dengan berbagai rasa. Semua modal yang kami keluarkan sebesar Rp 174.000,00 dengan penerimaan sebesar Rp 237.000,00. Total produksi kami sebanyak 158 bungkus CREZZ. Dengan keuntungan bersih sebesar Rp 63.000,00. Berdasarkan perhitungan BEP harga dengan menjual CREZZ sebanyak 99 buah dengan harga Rp 1.500/buah maka usaha tidak mengalami keuntungan dan kerugian. Read More...
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kebutuhan makanan yang semakin meningkat di kalangan masyarakat dewasa ini menjadi acuan bagi para wirausahawan dalam bidang pangan untuk semakin berkreasi dengan menciptakan makanan dengan variasi yang berbeda-beda. Penyajian makanan yang praktis, dengan tingkat harga yang ekonomis dan memiliki nilai gizi yang baik pada suatu makanan adalah permintaan utama yang banyak dicari oleh para konsumen.
Semua orang pasti sudah akrab dengan keju, keju merupakan makanan yang terbuat dari olahan susu, seperti yang kita ketahui, kandungan keju yang kaya akan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi namun pada kenyataannya tidak semua orang menyukai keju karena cita rasa kjeu yang terkandung di dalamnya adalah asam. CV. Paradise food mencoba mengenalkan produk CREZZ (creation chess) dengan penyajian berupa stik yang diolah dengan keju pilihan yaitu keju kraft dengan tambahkan bumbu peyedap untuk menetralisirkan rasa sehingga produk CREZZ yang kami hasilkan adlah stik yang renyah, gurih dan lezat. CREZZ kami pasarkan dalam bentuk kemasan agar praktis sehingga dapat diminati oleh semua kalangan, CREZZ memiliki dua rasa yaitu original dan pedas , .selamat menikmati produk kami, semoga produk CREZZ dapat diterima di kalangan masyarakat sehingga menjadi produk yang bermutu tinggi dalam pangsa pasar dunia pangan.
Tujuan
Untuk mempelajari cara berwirausaha
Untuk mempelajari cara pemasaran suatu produk
Unutk mempelajari cara pengelolaan manajemen keuangan
Untuk memperkenalkan bermacam-macam hasil produk ternak

MATERI DAN METODE
Waktu dan Tempat
Pembuatan dan pemasaran stick keju dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu:
Pembuatan stick keju yang pertama dilakukan pada tanggal 21 November 2011 bertempat dilokasi Jl. Dalurung VIII No. 23 Rt. 03 Bantar Jati Bogor. Pembuatan dilakukan oleh 5 orang dan 3 orang untuk berbelanja bahan yang diperlukan. Pemasaran stick keju yang pertama dilakukan di Kampus Gunung Gede IPB pada tanggal 22-24 November 2011. Pemasaran dilakukan oleh 2 orang.
Pembuatan stick keju yang pertama dilakukan pada tanggal 28 November 2011 bertempat dilokasi Jl. Dalurung VIII No. 23 Rt. 03 Bantar Jati Bogor dan SD Negeri 09 Bantar Jati Bogor. Pembuatan dilakukan oleh 5 orang dan 3 orang untuk berbelanja bahan yang diperlukan. Pemasaran stick keju yang pertama dilakukan di Kampus Gunung Gede IPB pada tanggal 29 November 2011 sampai 01 Desember 2011. Pemasaran dilakukan oleh 2 orang.
Metode
Metode Pembuatan
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Buat adonan stick keju
Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, royco, pernipan, lada dan garam
Aduk adonan hingga merata
Siapkan keju yang telah diparut
Panaskan simas margarin pada penggorengan hingga meleleh
Campurkan simas margarin dan adonan stick keju hingga kalis
Pipihkan adonan dengan menggunakan botol lalu potong menjadi potongan stick
Goreng dengan minyak goreng yang telah di panaskan
Kemas dengan plastik ½ kg dan ¼ kg

Metode Pemasaran
CV. Paradise Food mengeluarkan produk dengan merek dagang CREZZ (Creation chess). Alasan kami mengeluarkan produk ini, kami ingin menampilkan olahan baru dari keju yang mempunyai cita rasa yang khas yang berbeda dengan produk olahan keju lainnya tanpa menghilangkan cita rasa keju aslinya. Kami mengemas produk kami dengan plastik ukuran sedang untuk mempermudah pemasaran. Karena target pemasaran kami mahasiswa, siswa sekolah dasar dan masyarakat sekitar lingkungan tempat kami tinggal. Pemasaran dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan dengan menawarkan langsung kepada konsumen yang ingin membeli stick keju dengan harga Rp. 1500,00/ bungkus.

STRUKTUR ORGANISASI
Perusahaan kami yang bernama “CV Paradise food” yang kami dirikan pada tanggal 11 November 2011. Struktur organisasi dari perusahaan kami dapat dilihat dibawah ini:















FINANCIAL COMPONENT
Tabel-tabel dibawah ini menunjukkan aliran uang selama kami menjalan usaha kami :
Bahan Jumlah Harga
Tepung Terigu Segitiga Biru 2 kg 16000
Simas Margarin 2 bungkus 8000
Minyak Goreng 2 kg 22000
Fermifan 1 bungkus 3500
Keju Kref 350 gram 18000
Telur 1/4 kg 3500
Plastik 1 bungkus 6000
Kertas kado 4 lembar 2000
Royco 4 bungkus 1000
Total 80000









Tabel 1 Modal Awal Pembuatan CREZZ

Bahan Jumlah Harga
Tepung Terigu Segitiga Biru 2 kg 16000
Tepung Tapioka 1/4 kg 5500
Simas Margarin 2 bungkus 8000
Minyak Goreng 2 kg 22000
Fermifan 1 bungkus 3500
Keju Kref 350 gram 18000
Cabe giling 3 bungkus 10500
Telur 1/4 kg 3500
Plastik 1 bungkus 6000
Royco 4 bungkus 1000
Total 94000
Tabel 2. Tabel modal kedua pembuatan CREZZ





Tanggal Jumlah Total Harga/bungkus Pendapatan
Pedas Original
21-Nov-11 2 2 Rp1,500 Rp3,000
22-Nov-11 33 15 48 Rp1,500 Rp72,000
23-Nov-11 3 3 Rp1,500 Rp4,500
24-Nov-11 12 12 Rp1,500 Rp18,000
25-Nov-11 7 7 Rp1,500 Rp10,500
26-Nov-11 6 6 Rp1,500 Rp9,000
Jumlah 38 40 78 Rp117,000
Tabel 3. Data penjualan CREZZ minggu pertama

Tanggal Jumlah Total Harga/bungkus Pendapatan
Pedas Pedas Manis
27-Nov-11 4 2 6 Rp1,500 Rp9,000
28-Nov-11 14 25 39 Rp1,500 Rp58,500
29-Nov-11 4 4 Rp1,500 Rp6,000
30-Nov-11 17 14 31 Rp1,500 Rp46,500
Jumlah 35 45 80 Rp120,000
Tabel 4. Data Penjualan CREZZ minggu kedua

ANALISA KELAYAKAN USAHA
Analisis Kelayakan Usaha
Break Even Point (BEP)
BE=(Biaya Tetap)/(1-(Biaya Variabel)/Penjualan)

BE=(Rp 40.000,00)/(1-(Rp 174.000,00)/(Rp 237.000,00))

BE=(Rp 40.000,00)/0,27
BE = Rp 148.148,00
BE = Rp 148.148,00 : Rp 1.500,00
BE = 99 buah
Berdasarkan perhitungan BEP harga dengan menjual CREZZ sebanyak 99 buah dengan harga Rp 1.500/buah maka usaha tidak mengalami keuntungan dan kerugian.

KESIMPULAN
Berdasarkan hasil yang didapatkan, kelompok kami mendapatkan keutungan dari analisa hasil usaha yang telah kami lakukan. Produk yang kami keluarkan diterima dengan baik oleh konsumen. Karena produk kami mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya : modal tidak terlalu besar sehingga produk yang kami keluarkan tidak mahal dan terjangkau oleh konsumen, rasa gurih, dan kami menyediakan produk dengan berbagai rasa. Semua modal yang kami keluarkan sebesar Rp 174.000,00 dengan penerimaan sebesar Rp 237.000,00. Total produksi kami sebanyak 158 bungkus CREZZ. Dengan keuntungan bersih sebesar Rp 63.000,00. Berdasarkan perhitungan BEP harga dengan menjual CREZZ sebanyak 99 buah dengan harga Rp 1.500/buah maka usaha tidak mengalami keuntungan dan kerugian. Read More...

susahnya mendapatkan mu

Sungguh berat untuk mendapatkan kamu karena banyak sekali laki-laki yang menyayangi kamu. Mereka memperebutkan hati kamu untuk bisa menemani hatimu dalam menjalani hidupmu sehari-hari. mereka memperebutkan hatimu dengan berbagai cara dan metode atau stlye mereka masing-masing. aku berharap kamu bisa memberikan kesempatan hati aku ini untuk menemani hatimu. I LOVE YOU DEK (Yusrini AfniSari Rambe)....... Dan aku berharap apabila kita tidak bisa bersatu kita bisa bersahabat selamanya.......
Tulisan ini tidak direkayasa dan benar-benar ditulis dengan hati dan perasaan yang paling dalam

Bogor, Jum'at 9 desember 2011

Ttd

Suryadi Read More...

Kamis, 01 Desember 2011

Assalmualikum warahmatullahi wabarokatuh
Dek saya mengirim tulisan ini bukan untuk mengintervensi adek saya tidak mempunyai maksud apa-apa. Saya hanya ingin menyampaikan apa yang sebenarnya, tidak direkayasa asli dari apa yang sebenarnya yang terjadi. Saya ingin mengungkap perasaan saya terhadap adek, saya sebenarnya sayang dan cinta sama adek. Perasaan ini timbul semenjak semester 2. Pertama perasaan saya ke adek tidak ada tapi seiring berjalannya waktu perasaan sayang dan cinta ke adek timbul. Dan anehnya semakin lama semakin kencang tumbuhnya. Dan hingga saat ini perasaan itu semakin kencang dan dalam. Dan saya tidak kuasa untuk menyembunyikan perasaan itu mungkin sekarang saatnya untuk mengungkapkan perasaan ini. Tetapi saya belum bisa mengungkapkan perasaan ini lewat lisan dan hanya bisa mengungkapkan perasaan ini lewat tulisan seperti sekarang ini. Karena saya khawatir apabila saya mengungkapnya secara terang-terangan hal ini bisa memicu berbagai masalah lain dan akan melibatkan banyak orang. Untuk itu saya menulis cerita ini sekali mohon maaf apabila adek merasa tidak senang dengan tindakan saya ini. Adek silakan marah, benci sama saya. Karena tindakan konyol saya ini. Karena saya bingung apa yang harus saya perbuat. Tidak ada yang bisa menjadi tempat saya curhat selain sama tulisan ini dan sama ALLAH SWT. Terima kasih adek telah berkenan membaca tulisan ini. Read More...


 

© Copyright by juventini | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World